Senin, 23 November 2015

KILAS SUKSES PT ACE HARDWARE INDONESIA Tbk





Pada artikel ini saya akan membahas kilas sukses perusahaan pusat perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup terlengkap ini.  Saya mengambil perusahaan Ace Hardware ini karena sudah banyak perkembangannya di Indonesia khsususnya di ibu kota yang hal itu membuat rasa penasaran saya akan perusahaan perlengkapan rumah tangga ini yang bisa menjadi perusahaan pusat perlengkapan rumah tangga nomor satu di Indonesia.

Sekilas tentang PT Ace Hardware Indonesia (dikenal juga dengan sebutan AHI), perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 sebagai anak perusahaan dari PT Kawan Lama Sejahtera-pusat perlengkapan teknik dan industri no.1 di Indonesia-. Toko PT AHI ini pertama dibuka di Supermall Karawaci ,Tanggerang, pada tahun yang sama. Saat ini PT AHI adalah Pionir dan Pusat Perlengkapan Rumah & Gaya Hidup Terlengkap, dengan 99 toko di beraneka pusat keramaian pada kota-kota besar di Indonesia.


Toko PT AHI terbesar, yang sekaligus paling besar di Dunia, terletak di Alam Sutera, Serpong - Tangerang. PT AHI Alam Sutera ialah Flagship dari Toko PT AHI di negeri ini, yang memiliki luas 15.000 meter persegi, dan menyediakan lebih dari 75.000 tipe produk berkualitas dalam kategori lengkap. Terobosan dalam hal menyediakan banyak macam produk di bawah satu atap membuat PT AHI menjadi destinasi utama dalam mencari solusi perlengkapan rumah dan gaya hidup keluarga modern Indonesia.

Struktur dan Skema Organisasi



Dari struktur dan skema organisasi diatas dapat dilihat bahwa struktur tersebut menggunakan struktur lini dan staff yang mana terdapat banyak keuntungan dalam menggunakan struktur ini salah satunya orang-orang yang mempunyai kekuasaan bertanggung jawab dan terbuka. Ini sangat terbukti sebagaimana pada perusahaan PT AHI ini menerapkan peraturan BAPEPAM-LK tentang Good Corporate Governance yang mencakup seluruh pemangku kepentingan dan memanfaatkan berbagai sumber daya dengan prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas,tanggung jawab, dan kewajaran. 

Dari tata kelola perusahaan inilah yang menjadikan salah satu kesuksesan PT AHI dalam mengembangkan dan memajukan perusahaannya.Selain itu dalam perusahaan ini adanya sekretaris perusahaan juga berperan penting sebagai mediator yang dapat menjembatani kepentingan perusahaan yang diwakili para pemegang saham lembaga-lembaga pasar modal maupun pasar keuangan serta pihak terkait lainnya. Sekretaris perusahaan juga bertanggung jawab dalam menyebarluaskan informasi kepada para pemangku kepentingan dengan tepat waktu,akurat,dan transparan.

Dalam penentuan ruang lingkup PT AHI juga dapat memenuhi semua persyaratan Tata Kelola Perusahaan yang baik,termasuk dalam penunjukan komisaris independen sebagaimana yang dipersyaratkan oleh Bursa Efek Indonesia melalui aturan registrasi 1-A No.305/BE/07/2004 dan peraturan BAPEPAM-LK No.IX.1.5.Pengawasan manajemen juga telah dilakukan sesuai dengan ISO 9001-2000.




Dalam menentukan sasarannya PT AHI memiliki dua konsep yaitu berusaha untuk menjadi pemimpin dalam konsep "Do-It-Yourself" (kerjakan secara mandiri), yang berarti, kami tak hanya menyediakan produk, namun juga pengetahuan yang diperlukan dalam memasang, mengoperasikan, serta memelihara produk tersebut dengan tepat - agar didapat nilai manfaat maksimal. Harapan kami, dengan bantuan PT AHI, semua orang dapat menjadi ahli.

Sementara konsep "The Helpful Place" menjadi jawaban dari beraneka kebutuhan yang jamak ditemui pelanggan sehari-hari. Selain melalui koleksi lengkap produk, PT AHI terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik, dari presales hingga aftersales, di antaranya Free Delivery Service, Free Installation, 10 Days Return Policy, Price Guarantee, dan lain sebagainya. PT AHI menawarkan bukan sekedar transaksi jual beli barang secara konvensional, namun lebih dari itu, pengalaman berbelanja yang memberi nilai lebih (rewarding shopping experience).


Dalam penentuan sampling di tahun 2014, PT AHI tetap melanjutkan program ekspansi agresif sebagai pendorong utama pertumbuhan Perseroan. Pada tahun tersebut, PT AHI menargetkan pembukaan 15 gerai Ace dan 5 gerai Toys Kingdom, dan target tersebut dapat direalisasikan dengan baik. Sesuai dengan arahan Dewan Komisaris, Perseroan menetapkan target pertumbuhan yang dapat dicapai dan reasonable dengan tetap menitikberatkan pada pertumbuhan organik. Strategi ini juga menjadi langkah antisipasi dalam menghadapi situasi perekonomian dan kondisi politik nasional, sekaligus sebagai peluang PT AHI dalam melakukan konsolidasi posisi Perseroan di tengah persaingan pasar.

Dalam pelaksanaan survey PT AHI meliputi pengumpulan data. PT AHI  berkomitmen dalam memberikan kepuasan pelanggan secara maksimal dibuktikan dengan penganugerahan Quality Management System ISO 9001-2000 Certificate, membuat PT AHI menjadi toko perlengkapan rumah pertama yang mendapat sertifikat tersebut di Indonesia. Tahun 2011 PT AHI juga menerima SERVICE QUALITY GOLDEN AWARD 2011 dalam kategori Modern Home Builder & Retailer, dari SERVICE EXCELLENCE Magazine (Grup Majalah Marketing) & Carre - Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre - CCSL).

Pada saat proses Pemilihan Umum dan pemilihan Presiden, daya beli masyarakat masih cukup kuat sehingga target pendapatan Perseroan pun dapat tercapai.  PT AHI mencatatkan kinerja positif di tahun 2014 dengan pendapatan yang tumbuh 16,6% secara year-on-year (yoy) menjadi Rp4,5 triliun, sehingga laba bersih menjadi Rp548,9 miliar, atau tumbuh 9,1% (yoy). Faktor utama yang mendorong peningkatan ini berkat dukungan same store growth (SSG) dan pembuka angerai baru di tahun 2013 dan 2014. Same-store growth yang dicapai untuk tahun 2014 adalah 3,1%.

Pertumbuhan SSG ini adalah di bawah proyeksi 5%, dikarenakan kombinasi dasar pertumbuhan yang semakin besar; kanibalisasi sementara dari gerai-gerai baru terutama di luar pulau Jawa; serta pelemahan daya beli yang terjadi di kuartal ke-4 tahun 2014. Sementara itu, perdagangan saham Perseroan (kodesaham: ACES) di Bursa Efek Indonesia tercatat adanya peningkatan harga dari Rp 590 pada akhir Desember 2013 menjadi Rp 785 di penutupan kuartal ke-4 pada akhir Desember 2014, atau meningkat 33,1%.

Hal diatas merupakan pengolahan data yang didapatkan pada PT AHI yang perkembangannya terus melesat tinggi seperti salah satu contoh pada deskripsi laporan laba-rugi pada gambar dibawah.



Berbagai strategi penjualan terus  PT AHI tingkatkan melalui program pemasaran yang intensif dan lebih fokus, di antaranya program expo, late night/midnite sale, serta penawaran menarik bagi anggota PT AHI Rewards yang kini sudah mencapai lebih dari 1 juta pelanggan.

Penghargaan-penghargaan

Berikut penghargaan PT AHI terima selama tahun 2014:

- iDea Rumah untuk kategori Material & Furniture Modern Outlet

- MNC Business Award untuk kategori Best Listed Company for Retail Trade 
  Sector

- Best Mid-Cap Company in Indonesia dari Majalah Finance Asia

- Best Public Company 2014 dari Majalah SWA

- Top Brand 2014 dengan kategori Hardware and Home Decoration Supermarket

- Superbrand 2014 dari Superbrand Ltd.

- Best of the Best 2014 dari Forbes Indonesia

- Trifecta Award untuk kemenangan 3 tahun berturut-turut dari Forbes Indonesia

- Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014 Category House hold  Store dari Mark plus Inc



Visi Misi Motto dan Budaya Perusahaan

PT AHI memiliki visi,misi,motto dan budaya perusahaan dimana dalam visinya menjadi peritel terdepan di Indonesia untuk produk home improvement dan lifestyle. Lanjut kedalam misinya menawarkan ragam produk berkualitas tinggi dengan harga bersaing dan didukung oleh layanan terpadu dari tim professional. Moto Perseroan merupakan wujud kualitas yang dirumuskan dalam ELITE: Excellence, Leadership, Integrity, Teamwork dan Enthusiasm.

Setiap karyawan didorong untuk menguasai keterampilan terbaik, antusias tinggi di tempat kerja, dan kepemimpinan dengan semangat kerjasama dalam tim yang efektif dan integritas tinggi terhadap produk, janji-janji dan uang. Lalu dalam budaya perusahaan juga memfokuskan dalam 3 hal lainnya :
1.      Produk : QSV
Quality = Professional, Selection = Great, Value = Exceptional AHI dikenal dengan keanekaragaman produk. Citra tersebut tercapai melalui penawaran beragam produk bermutu dengan harga kompetitif. Komitmen Perseroan adalah menawarkan hanya yang terbaik kepada para pelanggan.

2.      Lokasi: COSY
Clean, Organized, Safe, Yours Sebagai yang terdepan di bidang lifestyle & home improvement, PT.AHI memiliki komitmen untuk menjaga seluruh gerai agar tetap bersih, rapi, dan aman, sehingga memberikesan kepada para pelanggan bahwa PT.AHI adalah tempat berbelanja yang nyaman dan menyenangkan.

3.      Layanan: HELPFUL
Hello, Energetic, Listening, Polite, Friendly, Understanding, Lending-a-hand Selalu tanggap terhadap masukan (baik positif atau negatif) dan berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka secara cepat dan  penuh hormat.

Manajemen Risiko

Sebagai perusahaan besar PT AHI menerapkan manajemen salah satunya manajemen risiko. Manajemen risiko sangat penting perannya dalam kesinambungan perseroan sebagai entitas usaha melalui antisipasi semua risiko serta minimalisasi seluruh dampak.

Oleh karena itu, di tahun 2014  PT AHI telah melaksanakan beberapa inisiatif, di antaranya:

- Mengidentifikasi dan mempelajari keseluruhan risiko, baik yang ada di kantor pusat maupun di gerai.

 - Memanfaatkan informasi yang diperoleh dalam penerapan analisis audit berbasis risiko. Dalam hal ini, Satuan Audit Internal bertanggung jawab dalam mengelola hasil audit yang terintegrasi. PT AHI juga telah mengidentifikasi risiko lain yang dapat memengaruhi aktivitas usaha, baik secara internal maupun eksternal.

Maka ketika terjadi adanya suatu hal yang riskan baik dalam risiko eksternal (ekonomi,fluktuasi nilai tukar,risiko peraturan pemerintah atau risiko persaingan usaha) dan risiko internal (manajemen persediaan, pengelolaan SDM, keuangan perseroan) semua itu dapat diatasi dengan cara yang professional dan dengan pengalaman yang luas serta manajemen yang baik sebagai pelopor dibidangnya.














Tidak lupa pula dalam menjaga dan meningkatkan integritas karyawan PT AHI telah menerapkan program “Whistleblowing”. Program “Whistleblowing” merupakan media yang efektif untuk mendorong karyawan melaporkan berbagai pelanggaran atau penyimpangan yang terjadi di lingkungan Perseroan. Beberapa contoh pelanggaran atau penyimpangan yang harus dilaporkan karyawan kepada manajemen Perseroan adalah:

1. Penipuan
2. Korupsi
3. Pencurian
4. Pelanggaran Peraturan Perseroan
5. Konflik kepentingan
6. Penyuapan
7. Jual-beli/penggunaannarkoba
8. Perjudian
9. Tindakan amoral
10. Tindakan ilegal lainnya

Apabila seorang karyawan yakin bahwa dia menyaksikan suatu tindakan kriminal atau tak pantas di lingkungan Perseroan, ia dapat melaporkan ke Kawan Lama Integritas melalui telepon bebas biaya, SMS, fax, e-mail, website, atau surat. Program ini telah disosialisasikan secara intensif di dalam Perseroan. Perseroan sangat menghargai para karyawan yang berpartisipasi dalam program ini. Mereka tidak perlu khawatir dengan keamanan karena identitas mereka akan dirahasiakan.

Kesimpulan :

Perusahaan PT Ace Hardware Indonesia (AHI) sudah cukup profesional baik dalam segi pengelolaan struktur perusahaan maupun peningkatan asset income yang terus meningkat tiap tahunnya seperti pada gambar laba-rugi yang telah ditampilkan pada halaman diatas, itu semua karena didukung SDM yang saling bekerjasama dan penyusunan pembagian kerja yang akan memudahkan setiap anggotanya.

PT AHI juga memiliki metode-metode dan konsep-konsep seperti "Do-It-Yourself" yang dikelola secara profesional tanpa dipengaruhi pihak manapun atau konflik kepentingan apapun, yang tidak sesuai dengan aturan dan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dan "The Helpful Place"  yang menjadikan PT AHI berkembang maju dalam persaingan pasar yang ada. PT AHI sebelumnya telah merencanakan dan merancang setiap solusi-solusi pemecahan masalah pada aspek riskan yang bisa saja terjadi kapan saja. PT AHI juga memberikan keamanan kerja bagi setiap karyawannya sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akan segera ditangani dengan cepat.

Maka dari itu sebagai perusahaan perlengkapan rumah tangga terbesar di Indonesia pastilah terdapat banyak macam permasalahan dan risiko yang dihadapi yang itu semua tidaklah berdampak negatif ada pula dampak positif yang dapat diambil. Kunci dari itu semua adalah kerjasama team yang kuat, kepercayaan dan sikap bijaksana yang dapat diaplikasikan untuk setiap peran anggota kerja sehingga bisa meminimalisasi permaslahan-permasalahan yang dapat terjadi.

Sumber :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar