Pada artikel ini saya akan
membahas kilas sukses perusahaan pusat perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup
terlengkap ini. Saya mengambil
perusahaan Ace Hardware ini karena sudah banyak perkembangannya di Indonesia khsususnya
di ibu kota yang hal itu membuat rasa penasaran saya akan perusahaan
perlengkapan rumah tangga ini yang bisa menjadi perusahaan pusat perlengkapan
rumah tangga nomor satu di Indonesia.
Sekilas tentang PT Ace Hardware Indonesia (dikenal juga dengan sebutan
AHI), perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 sebagai anak perusahaan dari PT Kawan Lama Sejahtera-pusat perlengkapan teknik dan industri no.1 di Indonesia-.
Toko PT AHI ini pertama dibuka di Supermall
Karawaci ,Tanggerang, pada tahun
yang sama. Saat ini PT AHI adalah
Pionir dan Pusat Perlengkapan Rumah & Gaya Hidup Terlengkap, dengan 99 toko
di beraneka pusat keramaian pada kota-kota besar di Indonesia.
Toko PT AHI terbesar, yang sekaligus paling besar di Dunia, terletak
di Alam Sutera, Serpong - Tangerang. PT AHI Alam Sutera ialah Flagship dari
Toko PT AHI di negeri ini, yang memiliki luas 15.000 meter persegi, dan
menyediakan lebih dari 75.000 tipe produk berkualitas dalam kategori lengkap.
Terobosan dalam hal menyediakan banyak macam produk di bawah satu atap membuat PT AHI menjadi destinasi utama dalam mencari solusi
perlengkapan rumah dan gaya hidup keluarga modern Indonesia.
Struktur dan Skema
Organisasi
Dari struktur dan skema
organisasi diatas dapat dilihat bahwa struktur tersebut menggunakan struktur
lini dan staff yang mana terdapat banyak keuntungan dalam menggunakan struktur
ini salah satunya orang-orang yang mempunyai kekuasaan bertanggung jawab dan
terbuka. Ini sangat terbukti sebagaimana
pada perusahaan PT AHI ini
menerapkan peraturan BAPEPAM-LK tentang Good
Corporate Governance yang mencakup seluruh pemangku kepentingan dan
memanfaatkan berbagai sumber daya dengan prinsip transparansi, kemandirian,
akuntabilitas,tanggung jawab, dan kewajaran.
Dari tata kelola perusahaan inilah
yang menjadikan salah satu kesuksesan PT AHI
dalam mengembangkan dan memajukan perusahaannya.Selain itu dalam perusahaan ini
adanya sekretaris perusahaan juga berperan penting sebagai mediator yang dapat menjembatani
kepentingan perusahaan yang diwakili para pemegang saham lembaga-lembaga pasar
modal maupun pasar keuangan serta pihak terkait lainnya. Sekretaris perusahaan juga bertanggung jawab dalam menyebarluaskan informasi kepada para pemangku kepentingan dengan tepat waktu,akurat,dan transparan.
Dalam penentuan ruang lingkup PT AHI juga dapat memenuhi semua persyaratan Tata Kelola Perusahaan yang baik,termasuk dalam penunjukan komisaris independen sebagaimana yang dipersyaratkan oleh Bursa Efek Indonesia melalui aturan registrasi
1-A No.305/BE/07/2004 dan peraturan
BAPEPAM-LK No.IX.1.5.Pengawasan manajemen juga telah dilakukan sesuai dengan ISO 9001-2000.
Dalam menentukan sasarannya PT AHI
memiliki dua konsep yaitu berusaha untuk menjadi pemimpin dalam konsep
"Do-It-Yourself" (kerjakan secara mandiri), yang berarti, kami tak
hanya menyediakan produk, namun juga pengetahuan yang diperlukan dalam
memasang, mengoperasikan, serta memelihara produk tersebut dengan tepat - agar
didapat nilai manfaat maksimal. Harapan kami, dengan bantuan PT AHI, semua
orang dapat menjadi ahli.
Sementara konsep "The
Helpful Place" menjadi jawaban dari beraneka kebutuhan yang jamak ditemui
pelanggan sehari-hari. Selain melalui koleksi lengkap produk, PT AHI terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik, dari
presales hingga aftersales, di antaranya Free Delivery Service, Free
Installation, 10 Days Return Policy, Price Guarantee, dan lain sebagainya. PT AHI menawarkan bukan sekedar transaksi jual beli barang
secara konvensional, namun lebih dari itu, pengalaman berbelanja yang memberi
nilai lebih (rewarding shopping experience).
Dalam penentuan
sampling di tahun 2014, PT AHI tetap melanjutkan program ekspansi agresif sebagai
pendorong utama pertumbuhan Perseroan. Pada tahun tersebut, PT AHI menargetkan pembukaan
15 gerai Ace dan 5 gerai Toys Kingdom, dan target tersebut dapat direalisasikan
dengan baik. Sesuai dengan arahan Dewan Komisaris, Perseroan menetapkan target
pertumbuhan yang dapat dicapai dan reasonable dengan tetap menitikberatkan pada
pertumbuhan organik. Strategi ini juga menjadi langkah antisipasi dalam menghadapi
situasi perekonomian dan kondisi politik nasional, sekaligus sebagai peluang
PT AHI dalam melakukan konsolidasi posisi Perseroan di tengah persaingan pasar.
Dalam pelaksanaan
survey PT AHI meliputi pengumpulan data. PT AHI
berkomitmen dalam memberikan kepuasan pelanggan secara maksimal
dibuktikan dengan penganugerahan Quality Management System ISO 9001-2000
Certificate, membuat PT AHI menjadi
toko perlengkapan rumah pertama yang mendapat sertifikat tersebut di Indonesia.
Tahun 2011 PT AHI juga
menerima SERVICE QUALITY GOLDEN AWARD 2011 dalam kategori Modern Home Builder
& Retailer, dari SERVICE EXCELLENCE Magazine (Grup Majalah Marketing) &
Carre - Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre - CCSL).
Pada saat
proses Pemilihan Umum dan pemilihan Presiden, daya beli masyarakat masih cukup kuat
sehingga target pendapatan Perseroan pun dapat tercapai. PT AHI mencatatkan kinerja positif di tahun
2014 dengan pendapatan yang tumbuh 16,6% secara year-on-year (yoy) menjadi
Rp4,5 triliun, sehingga laba bersih menjadi Rp548,9 miliar, atau tumbuh 9,1%
(yoy). Faktor utama yang mendorong peningkatan ini berkat dukungan same store
growth (SSG) dan pembuka angerai baru di tahun 2013 dan 2014. Same-store growth
yang dicapai untuk tahun 2014 adalah 3,1%.
Pertumbuhan
SSG ini adalah di bawah proyeksi 5%, dikarenakan kombinasi dasar pertumbuhan
yang semakin besar; kanibalisasi sementara dari gerai-gerai baru terutama di
luar pulau Jawa; serta pelemahan daya beli yang terjadi di kuartal ke-4 tahun
2014. Sementara itu, perdagangan saham Perseroan (kodesaham: ACES) di Bursa
Efek Indonesia tercatat adanya peningkatan harga dari Rp 590 pada akhir Desember
2013 menjadi Rp 785 di penutupan kuartal ke-4 pada akhir Desember 2014, atau meningkat
33,1%.
Hal diatas merupakan
pengolahan data yang didapatkan pada PT AHI yang perkembangannya terus melesat tinggi
seperti salah satu contoh pada deskripsi laporan laba-rugi pada gambar dibawah.
Berbagai strategi
penjualan terus PT AHI tingkatkan melalui
program pemasaran yang intensif dan lebih fokus, di antaranya program expo,
late night/midnite sale, serta penawaran menarik bagi anggota PT AHI Rewards
yang kini sudah mencapai lebih dari 1 juta pelanggan.
Penghargaan-penghargaan
- iDea
Rumah untuk kategori Material & Furniture Modern Outlet
- MNC
Business Award untuk kategori Best Listed Company for
Retail Trade
Sector
Sector
- Best
Mid-Cap Company in Indonesia dari Majalah Finance Asia
- Best
Public Company 2014 dari Majalah SWA
- Top Brand
2014 dengan kategori Hardware and Home Decoration Supermarket
-
Superbrand 2014 dari Superbrand Ltd.
- Best of
the Best 2014 dari Forbes Indonesia
- Trifecta
Award untuk kemenangan 3 tahun berturut-turut dari Forbes Indonesia
- Gold
Champion of Indonesia WOW Brand 2014 Category House hold Store dari Mark plus Inc
Visi Misi Motto
dan Budaya Perusahaan
PT AHI memiliki
visi,misi,motto dan budaya perusahaan dimana dalam visinya menjadi peritel terdepan
di Indonesia untuk produk home
improvement dan lifestyle. Lanjut
kedalam misinya menawarkan ragam produk berkualitas tinggi dengan harga bersaing
dan didukung oleh layanan terpadu dari tim professional. Moto Perseroan merupakan
wujud kualitas yang dirumuskan dalam ELITE: Excellence,
Leadership, Integrity, Teamwork dan Enthusiasm.
Setiap
karyawan didorong untuk menguasai keterampilan terbaik, antusias tinggi di
tempat kerja, dan kepemimpinan dengan semangat kerjasama dalam tim yang efektif
dan integritas tinggi terhadap produk, janji-janji dan uang. Lalu dalam budaya perusahaan
juga memfokuskan dalam 3 hal lainnya :
1.
Produk
: QSV
Quality = Professional, Selection = Great, Value = Exceptional AHI dikenal dengan keanekaragaman
produk. Citra tersebut tercapai melalui penawaran beragam produk bermutu dengan
harga kompetitif. Komitmen Perseroan adalah menawarkan hanya yang terbaik kepada
para pelanggan.
2.
Lokasi:
COSY
Clean, Organized, Safe, Yours Sebagai
yang terdepan di bidang lifestyle &
home improvement, PT.AHI memiliki komitmen untuk menjaga seluruh gerai agar
tetap bersih, rapi, dan aman, sehingga memberikesan kepada para pelanggan bahwa
PT.AHI adalah tempat berbelanja yang nyaman dan menyenangkan.
3.
Layanan:
HELPFUL
Hello, Energetic, Listening,
Polite, Friendly, Understanding, Lending-a-hand Selalu tanggap terhadap masukan (baik positif atau negatif) dan berkomunikasi
secara efektif dengan pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka secara cepat dan penuh hormat.
Manajemen Risiko
Sebagai perusahaan besar PT AHI menerapkan manajemen salah satunya manajemen
risiko. Manajemen risiko sangat penting perannya dalam kesinambungan perseroan sebagai
entitas usaha melalui antisipasi semua risiko serta minimalisasi seluruh dampak.
Oleh karena itu, di tahun 2014 PT AHI
telah melaksanakan beberapa inisiatif, di antaranya:
- Mengidentifikasi dan mempelajari keseluruhan risiko, baik yang ada di
kantor pusat maupun di gerai.
- Memanfaatkan informasi yang
diperoleh dalam penerapan analisis audit berbasis risiko. Dalam hal ini, Satuan
Audit Internal bertanggung jawab dalam mengelola hasil audit yang terintegrasi.
PT AHI juga telah mengidentifikasi risiko lain yang dapat memengaruhi aktivitas
usaha, baik secara internal maupun eksternal.
Maka ketika terjadi adanya suatu hal yang riskan baik dalam risiko eksternal
(ekonomi,fluktuasi nilai tukar,risiko peraturan pemerintah atau risiko persaingan
usaha) dan risiko internal (manajemen persediaan, pengelolaan SDM, keuangan perseroan)
semua itu dapat diatasi dengan cara yang professional dan dengan pengalaman
yang luas serta manajemen yang baik sebagai pelopor dibidangnya.
Tidak lupa pula dalam menjaga dan meningkatkan integritas karyawan PT AHI telah menerapkan program “Whistleblowing”. Program “Whistleblowing” merupakan media yang efektif untuk mendorong karyawan melaporkan berbagai pelanggaran atau penyimpangan yang terjadi di lingkungan Perseroan. Beberapa contoh pelanggaran atau penyimpangan yang harus dilaporkan karyawan kepada manajemen Perseroan adalah:
1. Penipuan
2. Korupsi
3. Pencurian
4. Pelanggaran Peraturan Perseroan
5. Konflik kepentingan
6. Penyuapan
7. Jual-beli/penggunaannarkoba
8. Perjudian
9. Tindakan amoral
10. Tindakan ilegal lainnya
Apabila seorang karyawan yakin bahwa dia menyaksikan suatu tindakan kriminal
atau tak pantas di lingkungan Perseroan, ia dapat melaporkan ke Kawan Lama
Integritas melalui telepon bebas biaya, SMS, fax, e-mail, website, atau surat.
Program ini telah disosialisasikan secara intensif di dalam Perseroan.
Perseroan sangat menghargai para karyawan yang berpartisipasi dalam program
ini. Mereka tidak perlu khawatir dengan keamanan karena identitas mereka akan dirahasiakan.
Kesimpulan :
Perusahaan PT Ace Hardware Indonesia (AHI) sudah cukup profesional
baik dalam segi pengelolaan struktur perusahaan maupun peningkatan asset income
yang terus meningkat tiap tahunnya seperti pada gambar laba-rugi yang telah ditampilkan
pada halaman diatas, itu semua karena didukung SDM yang saling bekerjasama dan penyusunan
pembagian kerja yang akan memudahkan setiap anggotanya.
PT AHI juga memiliki metode-metode dan konsep-konsep seperti "Do-It-Yourself"
yang dikelola secara profesional tanpa dipengaruhi pihak manapun atau
konflik kepentingan apapun,
yang tidak sesuai dengan aturan dan prinsip-prinsip Good
Corporate Governance dan "The Helpful Place" yang menjadikan PT AHI berkembang
maju dalam persaingan pasar yang ada. PT AHI sebelumnya telah merencanakan dan merancang
setiap solusi-solusi pemecahan masalah pada aspek riskan yang bisa saja terjadi
kapan saja. PT AHI juga memberikan keamanan kerja bagi setiap karyawannya sehingga
jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akan segera ditangani dengan cepat.
Maka dari itu sebagai perusahaan perlengkapan rumah tangga terbesar di
Indonesia pastilah terdapat banyak macam permasalahan dan risiko yang dihadapi
yang itu semua tidaklah berdampak negatif ada pula dampak positif yang dapat diambil.
Kunci dari itu semua adalah kerjasama team yang kuat, kepercayaan dan sikap bijaksana
yang dapat diaplikasikan untuk setiap peran anggota kerja sehingga bisa meminimalisasi
permaslahan-permasalahan yang dapat terjadi.
Sumber :
http://www.acehardware.co.id/id/about 08.15 21/11/2105
http://www.acehardware.co.id/id/about/page/annual_reports/87 08.30 21/11/2015
http://www.acehardware.co.id/id/about/page/financial_reports/86 08.30 21/11/2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar